fbpx

4 Cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan Secara Online

Penghasilan tambahan yaitu penghasilan lain yang didapatkan dari pekerjaan sampingan (pekerjaan diluar pekerjaan utama). Pada artikel sebelumnya sudah dibahas alasan pentingnya penghasilan tambahan untuk memenuhi kebutuhan hidup Anda.

Pada artikel ini, saya akan bahas cara mendapatkan penghasilan tambahan secara online. Dengan keberadaan internet saat ini, menawarkan berbagai peluang untuk mendapatkan penghasilan tambahan, banyak cara yang bisa Anda gunakan dalam hal ini.

Berikut 4 cara mendapatkan penghasilan tambahan secara online:

1. Affiliate Marketing

Affiliate marketing (afiliasi bisnis) merupakan model bisnis untuk mendapatkan komisi dengan cara mempromosikan produk orang lain.

Saat melakukan affiliate marketing, terdapat dua pelaku bisnis. Pihak pertama sebagai pemilik produk atau disebut dengan “The Merchant”, dan pihak kedua sebagai pelaku affiliate marketing yang disebut “Affiliate Marketer”.

Sebagai gambaran dalam menjalankan bisnis afiliasi, Anda (affiliate marketer) hanya perlu menawarkan produk orang lain (the merchant), kemudian jika terjual Anda akan mendapatkan komisi sesuai dengan yang ditetapkan perusahaan atau yang punya produk.

Di Indonesia sendiri ada beberapa perusahaan terkenal yang menyediakan program affiliate marketing, seperti Bukalapak, Blibli, Tokopedia, atau Tiket.com.

Affiliate marketing menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal dan bisa dilakukan siapapun dengan mudah.Lalu bagaimana cara melakukannya?

  • Pilih niche kamu.
  • Buat review produk atau jasa yang menarik.
  • Tentukan target audiens.
  • Promosikan blog atau website.

Untuk penjelasan lengkap mengenai 4 cara diatas, kamu bisa membaca pada artikel tips melakukan affiliate marketing.

2. Online Shop Melalui Media Sosial

Melihat semakin banyaknya pengguna media sosial, media sosial menjadi salah satu platform yang menguntungkan untuk menjual berbagai barang atau jasa.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan, Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan membuka online shop menggunakan media sosial, seperti Facebook atau Instagram. Apalagi kedua platform media sosial ini juga menyediakan sarana periklanan untuk mempopulerkan bisnis Anda.

Banyak produk yang bisa kamu jual melalui media sosial, seperti pakaian, kosmetik, aksesoris, gadget, kuliner, mainan, dan lain-lain.

Lalu bagaimana jika Anda tidak memiliki modal untuk melakukannya? Anda bisa menggunakan metode bisnis dropshipper dan reseller.

Dropship adalah metode penjualan bisnis online dengan cara melakukan promosi barang salah satu supplier di media sosial atau toko online.

Sebagai dropshipper, kamu tidak perlu melakukan stok barang, tetapi mengambil barang dari supplier jika ada pesanan dari pembeli.

Reseller hampir mirip dengan dropshipper, dimana kamu akan menjual produk orang lain (supplier). Namun, saat menjadi reseller kamu harus mengeluarkan modal sendiri dan membeli produk langsung ke supplier untuk dijual kembali.

Jika sebagai dropshipper kamu tidak perlu menyetok barang, tetapi untuk menjadi seorang reseller, kamu harus menyetok barang terlebih dahulu.

Supplier akan memberikan harga yang lebih murah dibanding harga jual di pasaran kepada para dropshipper atau reseller. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan keuntungan ketika melakukan penjualan di pasaran.

Misalnya, Ketika kamu mengambil atau membeli barang dari supplier A sebesar Rp80.000, kemudian menjual ke pasaran dengan harga Rp100.000. Sehingga kamu bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp20.000.

Jika Anda tertarik menjadi reseller, kamu bisa bergabung dengan salah satu supplier parfum dengan kualitas premium, Jawara Kasturi. Sebagai reseller, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan menarik.

3. Buat Konten Video Youtube

Youtube menjadi platform media sosial paling populer dan banyak digunakan oleh pengguna di Indonesia pada tahun 2019. Hal ini diketahui dari sebuah riset yang dilakukan oleh Hootsuite (We Are Social).

Perhatikan gambar dibawah ini:

Sumber: Hootsuite (We Are Social)

Oleh karena itu, ini merupakan kesempatan Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan membuat konten yang menarik dan memberikan manfaat bagi penonton Youtube.

Misalnya dengan membuat konten ceramah Agama, tips dan trik berjualan online, tutorial memasak, atau review suatu produk.

Tips membuat konten youtube:

  • Buat video dengan topik yang sedang populer (banyak dicari orang).
  • Video harus user-friendly.
  • Kontennya yang Anda buat harus karya sendiri (original).
  • Jangan melakukan plagiarisme (meniru konten milik orang lain).
  • Saat membuat video, perhatikan Terms of Service dan Community Guidelines yang telah dibuat oleh pihak YouTube.
  • Semakin banyak yang tertarik dengan video Anda, maka kesempatan mendapatkan penghasilan akan semakin besar.

Anda akan mendapatkan penghasilan dari dua pilihan, yang pertama dari tayangan iklan yang ditampilkan di video dan kedua didapat dari subscriber YouTube.

4. Jadi Penulis Konten

Apakah Anda seseorang yang hobi menulis? Jika iya, Anda bisa menjadikan hobi Anda sarana untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara mendapatkan penghasilan tambahan dengan keterampilan menulis sangat mudah. Anda hanya perlu menemukan website yang menyediakan program untuk penulis konten.

Di Indonesia sendiri, yang menyediakan jasa seperti ini yaitu Babe, Jalan Tikus, UC News dan lain-lain.

Untuk model pembayarannya berbeda-beda, ada yang dibayar per kata, per artikel, sampai bagi hasil dengan pemilik website dari pendapatan iklan yang diperoleh.

Itulah 4 cara mendapatkan penghasilan tambahan secara online, hal yang perlu Anda ingat ketika memulainya yaitu pastikan Anda telah memahami cara kerjanya dan fokus menjalankannya. Lalu, sekarang Anda akan menggunakan cara yang mana untuk mendapatkan penghasilan tambahan?

Share

Penasaran ingin mencoba wanginya parfum sunnah kualitas premium dari Jawara kasturi ?